nilai pancasila untuk membina rasa nasionalisme di negara republik indonesia adalah ... a. nilai persatuan b. nilai ketuhanan c. nilai | Question AI (2024)

Table of Contents
Pertanyaan Jawaban Penjelasan FAQs
Beranda/Sejarah/

Nilai Pancasila untuk membina rasa nasionalisme di Negara Republik Indonesia adalah ... A. Nilai persatuan B. Nilai ketuhanan C. Nilai keadilan D. Nilai kerakyatan E. Nilai keadilan

nilai pancasila untuk membina rasa nasionalisme di negara republik indonesia adalah ... a. nilai persatuan b. nilai ketuhanan c. nilai | Question AI (2)

Preetilanjutan · Tutor selama 1 tahun

Jawaban

A. Nilai persatuan</p>

Penjelasan

Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia memiliki lima sila yang masing-masing memiliki nilai-nilai penting bagi pembangunan dan pemeliharaan rasa nasionalisme di Indonesia. Nilai-nilai ini mencakup Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan, dan Keadilan. Dalam konteks membina rasa nasionalisme, sila yang paling relevan adalah "Persatuan Indonesia". Persatuan Indonesia menekankan pentingnya kesatuan dan keutuhan bangsa Indonesia yang beragam. Hal ini penting untuk memelihara rasa nasionalisme, karena nasionalisme berkaitan erat dengan kesadaran akan identitas nasional dan kebersamaan sebagai satu bangsa. Oleh karena itu, nilai persatuan adalah nilai Pancasila yang paling relevan untuk membina rasa nasionalisme di Negara Republik Indonesia.</p><br /><p>

Apakah jawabannya membantu Anda?Silakan beri nilai! Terima kasih

Anda mungkin tertarik

Jelajahi lebih banyak pertanyaan

  • 1 Kola pertama yang menjadi pusat itmu pengetahuan dan kebudayaan pada masa Dinasti Bani Abbasiyah adalah a Arab Saudi b. Baghdad c. Mesir d. Persia e. Irak 2. Benkut ini yang tidak termasuk buku-buku asing yang dilarjamahkan ke dalam bahasa Arab pada masa Dinasti Bani Abbasiyah adalah buku tentang a sasira Arab b imu kedokleran c. ilmu alam d aljabar e. maulik 3. Tokoh berikut yang tidak termasuk tokoh wanila di bidang kelalanegaraan dan politik zaman Dinasil Bani Abbasiyah adalah a Bahrun b Khaizura c. Aisyah d Zubaidah e. Rosyid 4. Shalikhah Shuhda merupakan tokoh wanula yang muncul pada zaman Dinasti Bani Abbasiyah dalam bidang a politik b sejarah c seni musik d kehakiman e sosial Bahrun merupakan tokoh wanila yang muncul pada zaman Dinasii Bani Abbasiyah dalam bidang a. politik d. sejarah b kehakiman e. sosial c. seni musik Menurut para ahlisejarah, masa pemenntahan Dinasti Bani Abbasiyah dapal dibagi menjadi a. dua periode b. liga periode c. empal periode d lima periode e. sembilan periodeLihat Jawaban05/26/2024
  • Makmurnya negeri Indonesia 1 poin mengundang orang asing datang dari Tiongkok, India,Arab, lalu Eropa. Mulamula mereka semua berdagang. Namun bangsa-bangsa Eropa kemudian mulai menjajah Nusantara. Hal itu dilakukan oleh bangsa Portugis, Spanyol, Inggris, dan akhirnya Belanda yang menjajah selama sekitar 350 tahun. Di Sumatra terjadi perlawanan oleh Sultan Iskandar Muda, Sultan Badaruddin, Si Singamaraja, Imam Bonjol dalam Perang Paderi (1803-1837) dan Cut Nya' Dhien dalam Perang Aceh (18731904). Di Jawa terjadi Perang Diponegoro (1825-1830), Pattimura di Maluku, Jelantik di Bali, dan Pangeran Antasari di .... jawa sulawesi sumatera KalimantanLihat Jawaban05/26/2024
  • L.ATBKAN PGERTHIN AKCHR SEMESTER 1 A. Beri tanda silang ( X ) pąda huruf a,b,c , atau d yang benar! Berdiam di Arafah sampai matahari terbenam dengan memperbanyak zikir dan do'a sambil menghadap a. kiblat b. utara Perbuatan-perbuatan yang wajb dilakukan dalam melaksanakan ibadah haji adalah haji. a. syarat b. rukun c. kelentuan d. wajib Apabila salah satu rukun tidak dilaksanakan, ibadah hajinya menjadi a. salah c. sah b. benar d. tidak sah Undang-Undang No. 17 tahun 1999 tentang penyelenggaraan a. haji c. wakaf b. unirah d zakat 5 Jika telah dekat terbitnya matahari, berjalanlah menuju a. Muzdalifah b. Mina c. Padang Arafah d. Mekkah Perhatikan pernyataan berikut! Beragama islam Berusia dewasa (akil balig) Berakal (tidak gila) Merupakan budak 7 Pergi ke Mekicah dan melakukan Thawaf fradah (Tawaf Hajy) kernudian melakukan Tawaf wada. Sa'i antara Safa dan Marwah. Pernyataan tersebut yang bukan merupakan wajib haji adalah a. 1), 2), dan 3) c. 2) dan 4) b. 2), 4), dan 6) d. 4) dan 6) 10 Penamaan panjang jimat sejatinya adalah nama a. piring c. mangkok b gelas d. nampan 11 Tradisi halal bi halal dilakukan oleh umat Islam setelah merayakan a. Idul Adha b. Tahun Baru Hijriah c. Idul fitri d. Puasa Ramadhan Lawan menepati janji adalah a ingkar janji c. in b. berbohong d. dengki 13 Kejujuran akan membawa kepada a. kebahagiaan c. kelenangan b. kesuksesan d kebaikan 14 Tradisi halal bi halal dilakukan oleh umat Islam setelah merayakan a. Idul Adha b. Idut fitri c. tahun baru hijriyah d puasa Ramadhan Tulisan Arab yang mençandung nilai senl disebut dengan seni a koreografi c. folograff b. kaligrafi d geografi Ulama yang berjasa dalam penyebtran Islam di Jawa adalah. a. walisanga b. kyai c. para pedagang id UlantLihat Jawaban05/26/2024
  • 22 Perang Dingin yang muncul setelah berakhimya Perang Dunta II telah mempengaruhi betbagai bidang. kehıdupan menusia, Berikut in adalah pengaruh bidang ideologi A Munculnya negara super power B Terpecalinya negara-negara didunia dalam dua blok C Munculnya negara-negara industry D Semakin berkembangnya paham komunısme dan liberalism E Berdirmya organisasi Gerakan Non BlokLihat Jawaban05/26/2024
  • Perfratikan kutpan teks berrikut Hukum yang atotapken oleh gach. A. Kepolisian A. Korrisi Pemborantaman Korupsi C. Mahkamah Agung D. Badan Pemeriksa Kouangan Pada masa Daulah Bani Umayyah pemerintahan dijalankan dengan membontuk departomen yang momiliki tugas masing-masing. Pernyataan benkut yang sesuai antara departemen dan tugaseya adalah. A. Diwan Ar-Rasai, sebuah departemen yang bertanggung fawab mengirim berita dari pusaliks daerah dan sebaliknya atau bertugas sebagal layanan pos B. Diwan Al-Khatam, yaitu sebuah departemen yang bertanggung jawab mengalur urusan torkait surat-surat kenegaraan. Diwan Al-Kharoj, yaitu sebuah departemen yang bertanggung lawab atas pengelolaat pendapatan negara;Lihat Jawaban05/26/2024
nilai pancasila untuk membina rasa nasionalisme di negara republik indonesia adalah ... a. nilai persatuan b. nilai ketuhanan c. nilai | Question AI (2024)

FAQs

Nilai-nilai apa saja yang terkandung dalam sila sila Pancasila? ›

Pancasila memiliki nilai-nilai yang merupakan dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila adalah nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan.

Nilai apa saja yang terkandung dalam nasionalisme? ›

Salah satu nilai yang sangat penting dalam sejarah dan identitas bangsa Indonesia adalah nilai-nilai nasionalisme. Nilai-nilai nasionalisme ini meliputi rasa cinta tanah air, rasa bangga terhadap sejarah perjuangan bangsa, dan semangat untuk memajukan bangsa dan negara.

Apa saja yang termasuk nilai-nilai Pancasila? ›

Nilai-nilai dasar dari Pancasila di antaranya Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan, dan Keadilan.

Apa saja 3 nilai Pancasila? ›

Pancasila mengandung tiga nilai penting, yaitu nilai dasar, nilai instrumental, dan nilai praksis.

Apa saja 5 nilai dasar Pancasila? ›

Adapun juga penjelasan dan arti dari isi nilai dalam kelima sila Pancasila kita, ialah sebagai berikut:
  • Ketuhanan Yang Maha Esa. ...
  • Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab. ...
  • Persatuan Indonesia. ...
  • 4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmah Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan. ...
  • Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.
Sep 21, 2023

Apa yang dimaksud dengan nasionalisme Pancasila? ›

Nasionalisme Pancasila adalah pandangan atau paham kecintaan manusia Indonesia terhadap bangsa dan tanah airnya yang didasarkan pada nilai- nilai Pancasila.

Nasionalisme merupakan pengamalan pancasila sila ke berapa? ›

Nasionalisme sendiri merupakan sikap mencintai Tanah Air dengan meletakkan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadi. Berikut ini adalah contoh-contoh dari pengamalan sila ke-3: 1.

Pancasila memiliki nilai apa saja? ›

Nilai-nilai Pancasila Sila Pertama hingga Kelima
  1. Nilai-nilai Pancasila: Ketuhanan Yang Maha Esa. ...
  2. 2. Nilai-nilai Pancasila: Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab. ...
  3. 3. Nilai-nilai Pancasila: Persatuan Indonesia. ...
  4. 4. Nilai-nilai Pancasila: Kerakyatan yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan.
Jul 18, 2023

5 Apa yang dimaksud dengan nilai-nilai Pancasila? ›

Nilai-nilai pancasila adalah nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan, dan nilai keadilan. Pancasila adalah pedoman hidup dalam segala aspek kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Nilai-nilai Pancasila bersifat apa? ›

KOMPAS.com - Sila yang ada dalam Pancasila memiliki serangkaian nilai, yaitu ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan. Lima nilai tersebut merupakan satu kesatuan yang utuh, yang saling berhubungan dan melengkapi. Nilai-nilai tersebut sebagai ideologi bersifat subjektif dan objektif.

Apa saja nilai-nilai Pancasila 1? ›

Nilai Pancasila Sila ke-1

Pengakuan adanya causa prima (sebab pertama) yaitu Tuhan Yang Maha Esa. Menjamin penduduk untuk memeluk agama masing-masing dan beribadah menurut agamanya. Tidak memaksa warga negara untuk beragama tetapi diwajibkan memeluk agama sesuai hukum yang berlaku.

Pancasila 1 sampai 5 Apa Saja? ›

1) Ketuhanan Yang Maha Esa; 2) Kemanusiaan yang adil dan beradab; 3) Persatuan Indonesia; 4) Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan; 5) Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Nilai-nilai apa saja yang terkandung dalam sila kedua Pancasila? ›

Mengembangkan sikap saling tenggang rasa dan tepa selira. Mengembangkan sikap tidak sem*na-mena terhadap orang lain. Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan.

Nilai-nilai apa yang terkandung pada sila ke 5 Pancasila? ›

Dalam Buku Panduan Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SD Kelas 1 oleh Elisa Seftriyana dan Ratna Sari Dewi, sila ke-5 Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia mengandung nilai: Keadilan. Keseimbangan antara hak dan kewajiban. Menghargai hak orang lain.

Apa saja nilai yang terkandung dalam nilai Pancasila dalam nilai sila Persatuan Indonesia? ›

Turut serta bergotong royong, bekerja sama dan bersatu padu demi kepentingan bangsa. Tidak suka memecah belah sesama warga Indonesia.

Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Allyn Kozey

Last Updated:

Views: 6271

Rating: 4.2 / 5 (43 voted)

Reviews: 90% of readers found this page helpful

Author information

Name: Allyn Kozey

Birthday: 1993-12-21

Address: Suite 454 40343 Larson Union, Port Melia, TX 16164

Phone: +2456904400762

Job: Investor Administrator

Hobby: Sketching, Puzzles, Pet, Mountaineering, Skydiving, Dowsing, Sports

Introduction: My name is Allyn Kozey, I am a outstanding, colorful, adventurous, encouraging, zealous, tender, helpful person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.